Rabu, 27 Maret 2013

Semantik Teori dan Analisis (Ed. Revisi)

Judul: Semantik Teori dan Analisis (Ed. Revisi)
ISBN: 978-979-1533-41-6
Penulis: Prof. Dr. I Dewa Putu Wijaya, S.U., M.A & Dr. Rohmadi Muhammad, M. Si
Penerbit: LINGKAR MEDIA
Tanggal Terbit: 18/08/2011
Jumlah Halaman: x + 112 hal
Berat Buku: 170 gr
Dimensi: 140 x 120
Kategori: Bahasa
Harga: Rp. 35.000,00
Sinopsis:
Kajian Semantik masih jarang dilakukan oleh para ahli linguistik, baik semantik leksikal maupun gramatikal. Makna tidak dapat terlepas dari kajian linguistik. Elemen-elemen bahasa yang masih hidup atau digunakan serta dikembangkan oleh para penuturnya akan senantiasa mengalami perubahan. Hanya saja dalam hal ini ada elemen-elemen yang lebih mudah berubah dibandingkan elemen lain.
Elemen-elemen bahasa yang berkaitan dengan struktur, seperti struktur fonologis, morfologis dan sintaksis, lazimnya lebih sukar berubah dibandingkan dengan elemen yang berkaitan dengan sistem. Misalnya, sistem bunyi sebuah bahasa lebih mudah berubah dibandingkan dengan struktur morfologi, dsb.
Elemen bahasa yang mudah berubah disebut bersifat terbuka, sedangkan elemen yang tidak mudah berubah disebut sifat tertutup. Leksem-leksem bahasa sebagai bagian dari sistem bahasa juga memiliki sifat terbuka, atau mudah berubah.
Selain itu, persepsi makna halus dan kasar juga mempengaruhi makna yang diterima seseorang. Sebagai contoh di dalam masyarakat Jawa, kata tikus diganti dengan Den Bagus sedangkan di dalam masyarakat Bali diganti dengan Jero Ketut agar mereka tidak dapat mendapat gangguan dari binatang ini.
format pesan:
<judul><penerbit><qty><nama><alamat> sms ke 085643702215
atau email ke:
bakoelbukuonline@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar