Rabu, 20 Maret 2013

MERANCANG PROGRAM DAN MODUL PSIKOEDUKASI ed Revisi

JUDUL BUKU : MERANCANG PROGRAM DAN MODUL PSIKOEDUKASI ed Revisi
PENULIS : A. SUPRATIKNYA
ISBN : 978-979-1088-25-1
EAN : 9-789791-088251
CETAKAN : II, 2008
PENERBIT : USD PRESSpsi
HARGA : 52.000,-
Sekilas Tentang Buku:
Salah satu kompetensi psikolog sebagai profesional helper adalah meberikan layanan konsultasi dan pendidikan. Kompetensi ini sesunggahnya mencakapu dua sub kompetensi yang berbeda yaitu memberikan konsuiltasi dan menyelenggarakan psikoedukasi. Dalam kurikulum pendidikan calan psikolog, khususnya sejak jenjang program pendidikan Sarjana Psikologi, kedua subkompetensi tersebut sebaiknya dipelajari dalam dua mata kuliah yang berbeda.
Dalam dua tahun terakhir penulis mengampu mata kuliah Psikologi Konsultasi pada program studi S-1 Psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Sanata Darma, Yogyakarta. Mata kiluah ini dimaksudkan untuk membekali mahasiswa dengan komptensi dasar dalam bidang layanan konsultasi dan psikoedukasi. Mengingat ranah ini komptensi tersebut sangat luas sebagaimana disinggung di atas, sedangkan sebagai mata kuliah hanya diberikan bobot wajar alias kecil yaiut 2 SKS dan 2 JP, maka penulis merasa perlu membuat pilihan membatasi isinya antara konsultasi atau psikoedukasi.
Pilihan jatuh pada psikoedukasi karena dua alasan. Pertama, kendati tidak persis sama, aspek-aspek dasar kompetensi konsultasi juga dikembangkan dalam kelompok mata kueliah KOnseling yang suda tercakup dalam kurikulum S-1, Program Studi Psikologi. Kedua, dari hasil pengamatan di dalam maupun di luar kelas, penulias menjadi yakin mahasiswa perlu dibantu menguasai aneka prinsip dan strategi dalam merencanakan dan menyelenggarakan program psikoedukasi di berbagai lingkungan kehidupan khususnya lingkungan pendidikan formal., industri atau organisasi dan komunitas atau masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar